Rabu, 14 November 2012

Tips Agar Pengajuan KPR Disetujui Bank




Vibiz news

JAKARTA - Banyak syarat yang harus dipenuhi saat mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Ada beberapa bank yang memberlakukan peraturan yang ketat lantaran hal tersebut terkait dengan Non Performing Loan (NPL) atau kredit macet.

Berikut ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengajukan KPR antara lain :

1. Tampil Percaya Diri
Sopanlah dalam menjawab atau mengajukan pertanyaan kepada pihak perbankan. Tampil rileks dan percaya diri. Kesan yang bagus akan membuat pihak bank lebih respek. Ingat, jawablah pertanyaan dengan mantap. Adapun pertanyaan yang biasa diajukan adalah apakah Anda sudah punya tagihan lainnya, berapa banyak dana yang diinginkan. Kadang, bank juga bertanya seputar berapa kendaraan bermotor yang Anda miliki serta berapa jumlah kartu kredit yang dimiliki.

2. Memperindah Penampilan Keuangan

Adakalanya, pemohon KPR tanpa disadari melakukan keteledoran dalam catatan keuangannya. Misalnya, terlambat membayar tagihan kartu kredit (jika ada). Hal tersebut menjadi perhatian pihak bank karena berhubungan dengan kredit yang akan diajukan pemohon.

Imbasnya, jika hal tersebut (telat membayar kartu kredit) tanpa sengaja kita lakukan maka kemampuan bayar akan berkurang. Sebab Anda tidak dapat berbohong dengan reputasi kredit di bank. Bank Indonesia (BI) akan mencatat setiap tunggakan bermasalah sekecil apapun di bank.

3. Mengetahui Kemampuan Bayar
Dengan mengetahui kemampuan kredit, Anda akan lebih fokus untuk memilih rumah yang sesuai dengan kemampuan juga keinginan anda.

4. Lengkapi Dokumen
Bagi Karyawan, tidak banyak dokumen yang mesti disiapkan . Namun bagi pengusaha, ada hal yang harus disiapkan lebih lengkap, misalnya catatan rekening koran tiga bulan terakhir. Sementara bagi profesional atau praktisi seperti dokter dan psikolog, mesti melampirkan surat izin praktik.

5. Mengajukan KPR ke Beberapa Bank Sekaligus
Keuntungan melakukan strategi ini adalah tidak perlu memulai waktu dari awal, Anda dapat mengetahui hasil penilaian rumah tersebut. Karena setiap rumah akan memberikan hasil penilaian yang berbeda. Ketiga, Anda bisa melakukan negosiasi dengan bank lainnya yang memberikan penilaian tidak terlalu tinggi. Namun, bank tersebut memberikan kelebihan lain misal plafon yang lebih besar.

Semua hal akan dapat dilakukan dengan persiapan – persiapan yang baik dan terarah. Dengan mengikuti aturan juga segala hal yang diperlukan dalam kebutuhan yang ingin dipenuhi. Jadi buatlah semua hal dengan tujuan yang baik dan terarah agar tujuan dapat kita laksanakan dengan maksimal.
Vibiz News

0 komentar:

Posting Komentar