Sabtu, 07 September 2013

Tips Merawat Karpet Rumah Anda

Rumah akan terasa lebih hangat dan nyaman dengan ditambah pemanis ruangan misalnya karpet. Yang biasanya diletakkan di tengah ruang tamu atau ruang lain sesuai selera penghuninya. Namun kita tidak bisa sembarang menempatkannya, karena penempatan karpet yang salah malah akan membuat rumah anda terasa kurang cozy.

Warna elemen interior ruangan, seperti kain tirai, sofa, dan bed cover harus senada dengan warna karpet. Pemilihan karpet juga harus disesuaikan dengan tema ruangan (klasik, modern, minimalis dan lain – lain).

Jangan menggunakan karpet berwarna sama dengan lantai atau dinding, karena karpet tidak akan menciptakan aksen bagi ruangan.
Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk merawat karpet agar tahan lama.

1)  Jangan biarkan karpet terlalu lama diletakkan di bawah lemari yang berat, karena dapat merusak karpet.

2)    Jemur karpet sekurangnya 2 atau 3 bulan sekali selama tiga atau empat jam. Jemur bagian bawah lebih dulu, karena bagian ini sering terdapat endapan air. Setelah itu jemur bagian atas namun jangan terlalu lama agar warna karpet tidak pudar.

3)    Jika karpet terkena noda makanan, minuman dan lainnya bersihkan dengan cara mengusapnya dengan menggunakan kain yang dibasahi air hangat, lalu peras hingga tidak terlalu banyak airnya. Lalu tempelkan kain tersebut ke bagian yang terkena noda. Tunggu hingga noda kotoran terserap ke kain. Setelah itu, bersihkan dengan air. Lakukan secara berulang hingga semua noda terserap.

Ingat : Gosok secara perlahan searah alur benang. Karena jika berlawanan dengan alur akan merusak tekstur karpet.

0 komentar:

Posting Komentar